Cara Jitu Hidup Sederhana Tidak Punya Hutang, Ini Rahasianya


Cara Jitu Hidup Sederhana Tidak Punya Hutang, Ini Rahasianya is free HD Wallpaper.

Cara Jitu Hidup Sederhana Tidak Punya Hutang – Kalau anda berpikir agar hidup tidak punya hutang atau terbebas dari lilitan hutang, harus mempunyai penghasilan yang besar, anda salah. Pada banyak kasus, justru orang-orang dengan penghasilan besar, hutangnya pun besar. Di sisi lain, banyak orang dengan penghasilan minim, hidupnya tenang dan bahagia tanpa hutang serupiah pun.

Sebenarnya akan terasa indahnya hidup tanpa hutang itu. Apa yang kita miliki, kita usahakan tanpa harus berhutang. Tapi benar-benar kita usahakan sendiri, dengan kemampuhan sendiri. Punya rumah, tanpa kredit ke bank, tapi kita bangun sendiri, meskipun mungkin secara bertahap. Punya kendaraan, kita beli cash, meskipun mungkin kita harus menabung dulu. Dalam hidup yang tak punya hutang, tak ada pikiran pusing dengan cicilan atau bayar hutang.

Ada pertanyaan, memangnya di jaman ini bisakah hidup tanpa hutang? Banyak orang menganggap mustahil karena mindsetnya yang konsumerisme banget. Mindset harus memiliki sesuatu dengan cepat, meski kemampuhan keuangan belum memungkinkan. Memaksakan diri untuk memiliki sesuatu atau mewujudkan keinginan dengan cara berhutang. Memang bagi orang yang demikian, akan terlihat mustahil bila harus hidup tanpa berhutang.

Cara Jitu Hidup Sederhana Tidak Punya Hutang

Apa-apa sekarang memang banyak ditawarkan dengan kemudahan berhutang. Bahasa populernya dengan kredit. Padahal kredit itu ya berhutang. Ketika kita memiliki sesuatu dengan cara kredit, artinya kita sudah berhutang, mempunyai hutang dalam jangka waktu tertentu pada pihak lain. Jaman sekarang model demikian memang sudah lumrah. Hampir setiap orang tergiur dengan cara kredit untuk memiliki sesuatu.

Lembaga-lembaga keuangan seperti bank, BPR, leasing bahkan koperasi, sekarang sangat agresif menawarkan kredit dengan mudah kepada masyarakat. Banyak yang tergiur dan kemudian bermasalah. Belum lagi barang-barang yang kecil-kecil pun banyak yang dijual dengan cara kredit. Manusia modern memang dikepung dengan tawaran-tawaran untuk berhutang dengan gampang.

Tapi itu semua menjebak kita pada hutang yang berkepanjangan. Kalau kita berpikir ingin hidup tanpa mempunyai hutang, mungkinkah itu bisa terwujud? Jawabnya, bisa. Bahkan sangat bisa, tentu dengan beberapa persyaratan atau strategi keuangan yang matang.

Cara Agar Hidup Tak Punya Hutang

Hidup tak punya hutang itu tenang. Hidup tak memiliki hutang itu bahagia. Artinya, hidup kita mandiri, tidak tergantung pada orang atau pihak lain untuk memenuhi keinginan atau keperluan kita. Bagaimana caranya agar hidup kita tak mempunyai hutang?

1.    Mempunyai Rencana Hidup Jangka Panjang

Kebanyak orang tidak mempunyai rencana hidup dalam jangka panjang. Rata-rata mereka menjalani hidup dengan spontanitas. Padahal, agar hidup kita tidak punya hutang, diperlukan rencana hidup jangka panjang, yang isinya memuat target-target yang harus diraih dengan menyesuaikan pada kemampuhan keuangan.

Misalnya, tahun sekian kita harus punya mobil. Maka, mulai sekarang kita sudah mempersiapkannya dengan rutin menabung sampai jumlah tertentu yang kita rencanakan. Tahun sekian harus mampu naik haji, sehingga sejak saat ini kita mulai menabung sampai rencana itu terwujud. Dan lain sebagainya target-target keinginan yang hendak kita wujudkan dan dengan matang kita persiapkan keuangannya.

2.    Tahan Godaan Terhadap Gaya Hidup Modern, Hiduplah Secara Sederhana

Orang jaman sekarang gampang meleleh dengan godaan gaya hidup modern. Gampang tergoda, maksudnya. Pola konsumerisme yang begitu kuat, yang bisa membuat orang tergoda untuk mengikutinya, inilah salah satu pangkal mula seseorang hidup dengan berhutang.

Maka salah satu cara hidup tanpa hutang adalah tahan terhadap godaan gaya hidup modern. Hiduplah dengan prinsip dan gaya sendiri yang tidak bertentangan dengan norma agama dan negara. Gaya hidup modern yang berubah-ubah dengan cepat, tak selalu baik untuk diikuti. Tetaplah berpegang kuat pada rencana hidup yang telah kita susun dan telah kita usahakan sedikit demi sedikit, agar terbebas dari lilitan hutang. Semenarik apapun gaya hidup modern, tak seharusnya kita mengikuti begitu saja.

Lebih baik kita memilih hidup sederhana daripada berhutang. Sederhana tidaklah hina, malah dianjurkan dalam agama apapun. Hidup sederhana bukan kekurangan, tapi bisa menentukan batas-batas kewajaran dalam mewujudkan keinginan atau keperluan hidup kita.

3.    Tentukan Prioritas, Bedakan Mana Keperluan Mana Keinginan

Keperluan dan keinginan itu beda tipis. Keperluan itu hal dasar yang mau tidak mau harus terpenuhi. Sedangkan keinginan adalah sesuatu hasrat yang sebenarnya bila tidak terpenuhi pun tidak apa-apa. Contohnya begini: anda makan sebenarnya cukup dengan nasi, sayur dan lauk pauk yang biasa. Itu keperluan. Tapi mungkin saja anda makan di rumah makan yang harga makanannya mahal. Ini sudah keinginan.

Contoh lain, misalnya dengan mobil Avanza pun mobilitas anda sudah terpenuhi. Tapi anda malah ingin membeli mobil Pajero. Nah hal-hal seperti ini yang sebenarnya hidup menjadi berbiaya tinggi. Penghasilan pun tidak cukup untuk satu bulan. Untuk menutupnya terpaksa minjam atau ngutang.

Cara Hidup Tidak Punya Hutang


Selain harus membedakan mana keinginan dan mana keperluan, yang harus diperhatikan adalah prioritas yang hendak diwujudkan atau dimiliki dalam hidup kita, itu saja yang menjadi patokannya. Bila bukan termasuk prioritas kita, abaikan saja. Sebab kalau diturutkan akan mengacaukan rencana hidup yang telah kita jalankan.

4.    Hidup Hemat dan Disiplin Menabung

Salah satu cara klasik agar kita tidak punya hutang adalah hidup hemat dan disiplin menyisihkan penghasilan untuk menabung. Dengan berhemat kita bisa mempunyai uang yang bisa ditabung atau digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Dengan menabung kita bisa mewujudkan sesuatu keperluan secara kontan, tidak dengan kredit atau ngutang. Lebih elegan, meski harus bersabar dalam jangka waktu tertentu, menunggu uangnya cukup, bila kita membeli sesuatu secara cash.

5.    Kompak Dalam Keluarga Soal Keuangan

Hal yang perlu diperhatikan adalah kekompakan dalam keluarga dalam menjalankan rencana hidup yang telah kita susun, termasuk dalam penggunaan keuangan. Suami istri harus satu suara, satu langkah. Tanpa kekompakan rencana sebagus apapun takan bisa diwujudkan, malah mungkin menimbulkan konflik.

Pun dalam mendidik anak. Perlu ditanamkan pada anak agar tidak boros, gemar menabung, tidak terbawa gaya hidup modern, supaya mereka pun berjalan pada rencana hidup kita sekeluarga. Dengan demikian, hal-hal yang tidak perlu dan berpotensi membuat hutang bisa dicegah dengan baik. Sebab kebanyakan orang tua justru tidak tega dalam menolak keinginan anak-anaknya. Tanamkan sejak dini pada anak-anak untuk juga hidup tidak punya hutang.

6.    Takutlah Pada Berhutang

Banyak orang hidupnya terlilit hutang karena mereka berani dalam berhutang. Tanpa berhitung pada kemampuhan keuangannya, mereka berani berhutang sana-sini. Tutup hutang dengan hutang baru. Akhirnya terlilit masalah yang pelik. Seumur hidup dikejar-kejar yang nagih.
Baca Juga: Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk Dengan Cepat, Ini dia Tipsnya
Namun bila kita takut berhutang, berpikir panjang bila ada keinginan untuk berhutang, berhitung masak-masak baik buruknya, insya Allah kita akan terhindar dari mempunyai hutang. Lebih baik bersabar, menabung sampai uang cukup untuk sesuatu keinginan atau kebutuhan, dari pada harus berhutang.

Nah, dengan 6 cara di atas, keinginan untuk hidup yang terbebas dari hutang, hidup tanpa hutang sedikitpun, bukan hal mustahil diwujudkan. Silahkan coba dan rasakan sensasi luar biasa hidup sederhana tanpa hutang.

Thanks for you visiting Cara Jitu Hidup Sederhana Tidak Punya Hutang, Ini Rahasianya in Tapal Batas. Cara Jitu Hidup Sederhana Tidak Punya Hutang, Ini Rahasianya is labeled on Cara Melunasi Hutang, Hidup Tidak Punya Hutang, Keuangan . Right Click on the images and then save to your computer or notebook. We have the best gallery of the new latest Cara Jitu Hidup Sederhana Tidak Punya Hutang, Ini Rahasianya to add to your PC, Laptop, Mac, Iphone, Ipad or your Android device.

Related Posts:

0 Response to "Cara Jitu Hidup Sederhana Tidak Punya Hutang, Ini Rahasianya"

Post a Comment